preparing for next 3050 m abs

Setelah sukses mendaki gunung Gede (2958 m dpl), target berikutnya adalah gunung Pangango, tetangga gunung Gede yang sebenarnya masih satu lokasi dengan gunung Gede. Sedikit lebih tinggi dan medan pendakian yang cukup sulit menjadikan gunung ini menjadi salah satu pilihan untuk pendakian berikutnya.

Belajar dari pendakian gunung Gede, maka ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan kesabaran dan ketangguhan untuk mengunjungi puncak tertinggi di Jawa bagian barat. Beberapa yang perlu disiapkan adalah:

  1. Fisik menjadi salah satu faktor penting dalam pendakian, untuk itu perlu dipersiapkan dengan baik dengan melakukan hal-hal berikut
    • Olah raga teratur, terutama untuk melatih otot kaki, persendian, dan stamina. Olah raga yang sesuai adalah bersepeda untuk melatih otot kaki bagian atas, treatmill untuk melatih jantung dan stamina, yoga untuk kelenturan otot, dan angkat beban skala ringan untuk melatih tulang dan persendian.
    • Makanan yang mengandung kalsium cukup untuk menjaga kondisi tulang dan persendian, untuk itu perlu tambahan susu high calcium low fat.
  2. Peralatan yang harus dipersiapkan (diluar tenda dan sleeping bag yang merupakan perlengkapan wajib) terutama untuk menghadapi kondisi cuaca yang dingin dan mungkin akan terjadi hujan:
    • kaos kaki hangat, sarung tangan, dan penutup kepala (telinga). Temperatur dingin akan terasa terutama di daerah-daerah tersebut, untuk itu perlu dipersiapkan peralatan yang sesuai
    • Jaket & celana tahan hujan dan rain cover untuk mengantisipiasi turunnya hujan
    • perlengkapan untuk memasak seperti kompor (kompor gas lebih baik daripada kompor parafin) dan panci.
  3. Hal-hal non teknis lainnya


No comments: