at 2958 m above sea level

Setelah berjalan dengan beban berat selama 8 jam, sampai juga di ketinggian 2958 m diatas permukaan laut. Hiking, salah satu jenis kegiatan menyenangkan di alam, adalah olah raga yang penuh kesabaran. Berjalan dengan beban yang makin lama makin berat, bukan hanya karena kondisi jalan yang makin terjal, tetapi juga karena fisik yang makin lama makin terkuras. Puncak Gede mungkin tidak akan bisa dicapai jika dalam perjalanannya kita tidak sabar, kesempatan untuk menyerah sangat banyak.

Olah raga ini bukan semata-mata untuk refreshing biasa, juga bukan untuk sekedar menghirup udara pegunungan yang bersih, sejuk, dan juga bukan hanya untuk menikmati suasana yang indah, apalagi hanya sekedar memetik sekuntum edelweis yang sedang berbunga. Lebih dari itu, olah raga ini adalah untuk melatih kesabaran, mirip dengan bagaimana harusnya kita pada saat "di uji", sabar..

Ada beberapa pelajaran yang dapat diambil untuk perjalanan berikutnya (preparing for next 3050 m above sea level):

  1. Persiapan yang matang dan detail sangat penting, persiapan harus dilakukan untuk mengantisipasi kondisi terburuk yang mungkin terjadi.
  2. Kondisi fisik dan mental harus dalam kondisi full fit.
  3. Perlu persiapan fisik dari jauh-jauh hari
  4. Secara khusus, kondisi jantung dan persendian harus menjadi fokus utama dan perlu dijaga dengan makanan sehari-hari yang memenuhi kebutuhan jantung dan persendian (tulang) dan juga latihan.
  5. Kelenturan dan kekuatan otot (terutama paha dan kaki), disamping stamina, adalah bagian penting yang perlu mendapat perhatian.
  6. Untuk itu perlu dijadwalkan latihan dan pola makan yang sesuai

No comments: